Rute 8

Dari pulau Reichenau ke Steingaden

Pada rute terakhir di bagian paling selatan Jerman kita jelajahi yang adalah warisan dunia yang terletak dekat perairan dan pegunungan. Kita mengunjungi sebuah pulau di danau Bodensee, sebuah monumen arkelogi di dalam air dan sebuah gereja kecil yang merupakan ikon sejarah kesenian.

Perjalanan kita mulai dari pulau terbesar di danau Bodensee yakni pulau Reichenau. Di pulau ini pada abad ke-8 Santo Pirmin, seorang misionaris Kristen, mendirikan biara ordo Benedict yang 300 tahun kemudian menjadi salah satu biara yang paling berkuasa di kawasan tersebut. Sebagai bukti peranan besar di bidang keagamaan dan budaya sebuah biara ordo Benedict di abad pertengahan, peninggalan di pulau biara Reichenau pad tahun 2000 dijadikan warisan dunia.

Yang termasuk sebagai warisan dunia di pulau ini adalah tiga gereja Romanik. Gereja besar Marienmünster di Mittelzell merupakan yang terbesar dan tertua. Di St. Peter dan St.Paul di Niederzell para biarawan ordo Benedict juga meninggalkan kekayaan karya seni bersejarah. Lukisan dinding monumental di ruangan altar gereja berasal dari abad ke-12. Sementara fresco di gereja St. Georg di Oberzell berusia lebih tua: lukisan ini merupakan lukisan gereja abad ke-10 satu-satunya yang masih utuh di kawasan utara Alpina.

Tujuan kita berikutnya adalah warisan dunia yang berada di air: rumah panggung pra-sejarah di Unteruhldingen di danau Bodensee. Pancang-pancang kayu di dalam air merupakan bukti bahwa di zaman itu rumah-rumah berdiri di atas danau disangga pancang. Jenis bangunan rumah ini merupakan bentuk hunian khas masa lalu di Eropa, yang memberikan perlindungan dari serangan musuh dan binatang liar. Desa rumah panggung di Unteruhldingen merupakan kawasan hunian menetap terpenting dari era 1300 hingga 800 sebelum Masehi, atau zaman perunggu akhir. Setelah penggalian arkeolog mulai tahun 1922 beberapa rumah panggung direkonstruksi. Kini bangunan tersebut memberikan gambaran bagaimana kehidupan desa di Bodensee di zaman pra-sejarah. Sejak 2011 di Baden-Württemberg dan Bayern ditemukan lagi 17 lokasi bangunan rumah panggung. Secara keseluruhan terdapat 111 situs temuan rumah panggung yang merupakan warisan dunia dari zaman pra-sejarah.

Dekat Steingaden, sekitar 150 kilometer di sebelah timur Bodensse, berakhir rute kedelapan dan terakhir jelajah warisan dunia di Jerman. Dalam panorama Alpina di tengah-tengah padang rumput hijau gereja Wieskirche menjulang tinggi. Sejak 1983 gereja ziarah bergaya Barok ini, yang hingga kini masih menyelenggarakn misa, dijadikan warisan dunia. Gereja ini mulai didirikan 1745 atas permintaan biara Steingaden. Ukiran karangan bunga berwarna emas di dalam gereja sangat menakjubkan dan merupakan karya seni bernilai tinggi. Lukisan di langit-langit kubah gereja bersuasana ceria yang dikenal di seluruh dunia menjadi puncak keindahan ruang berbentuk elips itu. Kini Wieskirche merupakan representasi karya seni Rokoko Bayern. Kepala biara yang masih muda Marinus yang memberikan perintah untuk membangun gereja Wieskirche di masa itu mengatakan: „ Di sini bermukim kebahagian, di sini hati menjadi teduh.“