Rute 2

Dari Angermünde ke Eisleben

Rute kedua membawa kita pada perubahan besar yang dari Jerman mengguncang seluruh dunia. Kita menemui bintang arsitektur “Neues Bauen” dan tokoh terkemuka agama Kristen Protestan di Jerman, Sang Reformator Martin Luther.

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Warisan Dunia dekat Angermünde, kota kecil satu jam perjalanan dari Berlin. Di sana terdapat hutan Grumsin. Tur wisata dimulai dari Blumberger Mühle didampingi polisi hutan. Jalannya naik turun dan berliku-liku, yang terbentuk pada zaman es terakhir. Sejak 2011 hutan Grumsin digelari sebagai Warisan Dunia “Hutan Tua Pohon Beech Jerman”. Sama halnya dengan empat hutan beech yang lain, yaitu Taman Nasional Jasmund, hutan beech Serrahner, Taman Nasional Kellerwald-Edersee dan Taman Nasional Hainich.

Perjalanan berlanjut ke Berlin. Kita mulai wisata ibukota dengan mengunjungi enam pemukiman modernisme Berlin, yang dinobatkan sebagai Warisan Dunia pada tahun 2008. Hendaknya dipersiapkan banyak waktu untuk wisata ini karena situsnya terletak di tujuh distrik yang berbeda di Berlin. Bangunan pemukiman sosial ini jadi percontohan internasional dan banyak dibicarakan. Kota taman Falkenberg, pemukiman Schillerpark, kota hunian Carl Legien, pemukiman Britz, kota Putih, dan puncaknya - pemukiman Siemensstadt dibangun antara tahun 1913 dan 1934 dan dianggap sebagai tandingan desain pemukiman kumuh gaya tangsi dari zaman kekaisaran. Pemukiman itu satu-satunya di Eropa, yang mempersatukan arsitek bintang gaya "Neues Bauen" seperti Hans Scharoun, Hugo Häring, dan pendiri Bauhaus Walter Gropius. Kita akan bertemu karya Gropius sekali lagi di rute ini.

Arsitektur tandingannya adalah Pulau Museum Berlin yang menjadi Warisan Dunia UNESCO sejak 1999. Sejarahnya dimulai pada 1830 dengan rancangan “Altes Museum”, atau Museum Lama. oleh Karl Friedrich Schinkel yang bergaya klasik. Hingga kini hanya arsitek ternama yang ditugaskan dalam proyek perluasan dan renovasi Pulau Museum Berlin, yang merupakan pusat budaya Jerman paling mahal dan memamerkan karya seni dari kurun enam abad. Misalnya David Chipperfield, yang 2010 merancang renovasi “Neues Museum”, atau Museum Baru, dan sukses menggabungkan gaya tradisional serta modern. Kontroversial namun indah!

100 km arah barat daya Berlin adalah lokasi Reformasi Protestan yang menjadi tujuan kita berikutnya. Salah satu lokasi utamanya adalah gereja kota di Wittenberg, tempat Martin Luther berkhotbah semasa hidupnya. Situs-situs Luther tersebar di seluruh penjuru kota tua, seperti Museum di alam terbuka. Dimulai dari Rumah Luther, bekas biara Agustinian, tempat tinggal Luther mulai 1508 sebagai biarawan dan profesor, hingga ke Gereja Schlosskirche yang konon di pintunya Sang Reformator pada tahun 1517 menempelkan dalil terkenalnya. 95 dalil itu mengritik penyalahgunaan pengampunan dosa yang dilakukan gereja Katolik Roma. Kritik yang menimbulkan kehebohan. Dengen itu Luther memicu gerakan yang menghasilkan pembentukan gereja Kristen Protestan.

Singgahan berikutnya adalah Dessau. Pada tahun 1925 arsitek Walter Gropius mendirikan sekolah seni dan desain “Bauhaus”. Hingga kini Bauhaus terkenal sebagai sinonim modernisasi seni, desain, dan arsitektur tanpa kompromi. Dua ikon modernisme dan Warisan Dunia sejak 1996 itu adalah gedung sekolah dan dinding dalam rumah-rumah dosennya. “Warna-warni adalah warna kesukaan saya,” kata direktur Bauhaus Gropius. Di Dessau juga disarankan melihat pojokan yang lain dan berjalan beberapa meter ke arah Sungai Elbe. Di sana berdiri restoran “Kornhaus”, yang gedungnya juga dirancang oleh Gropius. Hingga kini restoran itu memperkaya kawasan konservasi Sungai Elbe.

Singgahan terakhir kita adalah Eisleben, yang mendapat gelar Warisan Dunia UNESCO sejak 1996 bersamaan dengan kota Wittenberg. Penghubung kedua kota itu adalah Martin Luther. Ia dilahirkan pada 1483 di Eisleben dan wafat di kota yang sama pada 1546. Walaupun tidak diketahui pasti di mana tepatnya Martin Luther menghembuskan napas terakhirnya. Yang sudah pasti, Luther memposisikan dalilnya sebagai titik berat gerejanya, dan reformasi dari Jerman menarik banyak pengikut dari seluruh dunia.