Delapan pertanyaan kepada…

Georg Kirchmeier, pendeta gereja Wieskirche

Saya mengunjungi Warisan Dunia Wieskirche. Apa yang tidak boleh terlewatkan?

Gereja yang dibuat dua ahli bangunan Johann Baptisit dan Dominikus Zimmermann merupakan karya seni Rokoko tercantik. Bagi yang mengunjungi gereja ziarah ini sebaiknya meluangkan waktu cukup banyak. Yang menjadi pusat gereja Wieskirche adalah patung di tengah-tengah altar yang dinamakan Gegeißelte Heiland. Karena patung inilah gereja Wieskirche dibangun pada abad ke-18.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Saya sendiri terutama adalah pendeta dan pembimbing spiritual. Saya terutama melihat Wieskirche sebagai rumah Tuhan dan gereja ziarah. Saya berterima kasih diperbolehkan bekerja di rumah Tuhan ini yang merupakan karya seni yang lengkap.

Anda punya saran khusus?

Sebaiknya pergi ke gereja Wieskirche dengan berjalan kaki. Setidaknya beberapa meter terakhir. Hanya dengan begitu kita akan dapat melihat kecantikan gereja ini di lahan padang rumputnya yang diselaraskan dengan keindahan alam berupa hutan dan gunung di sekelilingnya.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Saya pertama kali mengunjunggi Wieskirche ketika masih studi teologi. Saya masih ingat, betapa cantik gereja ini dengan bentuk dan warnanya yang bagus. Ketika saya melihatnya pertama kali saya takjub dan terpesona. Bagi saya, tidak ada tempat lain seperti Wieskirche yang menyatukan seni dengan teologi.

Musim apa yang paling indah di sini?

Sekitar pertengahan Mei padang rumput di sekeliling Wieskirche dipenuhi tanaman tapak randa yang berbunga kuning. Gereja ini bagaikan berada di lautan kembang keemasan di yang terbentang di depan gunung yang tertutup salju. Bagi saya, sampai sekarang ini citra yang cantik luar biasa.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Untuk gereja secantik ini juga harus ada tempat persinggahan yang nyaman. Tempat penginapan di sekitar sini merupakan tempat persinggahan yang tepat. Di sini kita dapat menentramkan jasmani maupun rohani. Bagi yang memiliki waktu cukup bisa mengunjungi lokasi cantik lainnya di daerah ini misalnya Steingaden dan Rottenbuch dengan gerejanya yang mempesona.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Saya bisa menyebut menu makanan khas Bayern. Cobalah sarapan sosis putih ditambah dengan bir.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Saya ingin mengunjungi kembali Istana Würzburg.

Georg Kirchmeir

mengabdi sepenuhnya untuk gereja Wieskirche.

Awalnya ia menjadi kepala sekolah tinggi desa, sejak 1978 pendeta gereja Wieskirche. Memasuki usia 73 pada tahun 2012 teolog ini bakal pensiun. Sebuah perpisahan yang tidak mudah. Karena selama 37 tahun rumah pendeta di gereja ziarah „Gegeißelter Heiland“ di desa Wies, yang dinobatkan sebagai warisan dunia menjadi tempat kediamannya.