Delapan pertanyaan kepada…

Karl Wehrle, ketua dewan komisaris Yayasan Warisan Dunia Pulau Biara Reichenau

Saya mengunjungi Warisan Dunia Pulau Biara Reichenau. Apa yang tidak boleh terlewatkan?

Yang harus dikunjungi tentunya adalah tiga gereja Romanik di Pulau Biara Reichenau. Khususnya lukisan dinding di gereja St. Georg, tempat penyimpanan harta di gereja St. Maria dan Markus serta gereja St. Peter dan Paul yang dikelilingi alam tenang dan terntram. Selain itu, tiga musium pulau warisan dunia ini menyajikan informasi mengenai sejarah ketiga gereja itu yang dibangun antara abad ke-9 hingga abad ke-12.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Alam sekitarnya di pulau ini, kawasan pesisir danau dengan atap rumah dari jerami dan ladang pertanian di pulau ini yang ditanami sayuran dan anggur.

Anda punya saran khusus?

Berjalan-jalan santai menyinggahi gereja-gereja sepanjang pantai di Reichenau.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Sampai sekarang saya sangat kagum dengan alam dan kekayaan budaya pulau biara Reichenau.

Musim apa yang paling indah di sini?

Khususnya pada musim semi dan musim panas suasana di pulau yang terletak di tengah-tengah danau ini sangat menarik. Tapi tentunya musim gugur dan musim dingin juga punya daya tarik tersendiri. Gereja-gereja hampir kosong dan para pengunjung bisa berdoa dengan khusyuk.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Saya sarankan untuk mengunjungi puncak tertinggi pulau ini. Dari sana Anda akan mendapat pemandangan yang luas ke seluruh situs warisan dunia ini dan tentu juga ke danau serta alam sekitarnya.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Kalau tertarik, di pulau biara ini Anda bisa mencicipi produk-produk makanan segar sperti ikan, sayuran, selada. Ditambah dengan minuman wine Reichenau, nikmat sekali.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Saya ingin sekali mengunjungi situs warisan dunia Stralsund dan Wismar. Sebagai warga kawasan danau saya tertarik dengan lokasi-lokasi yang terletak dekat air.

Karl Wehrle

Kampung halaman Karl Wehrles adalah daerah sekitar pulau biara Reichenau.

Pakar ilmu administrasi ini studi di kota dekat pulau, Konstanz. Sejak tahun 80-an ia bertanggung-jawab untuk urusan kebudayaan masyarakat Reichenau. Di luar itu, sejak 2009 ia adalah ketua dewan komisaris Yayasan Warisan Dunia Pulau Biara Reichenau.