Delapan pertanyaan kepada…

Meinrad Maria Grewenig, direktur jenderal Warisan Dunia Pabrik Völklingen.

Saya mengunjungi Warisan Dunia Völklingen, apa yang tidak boleh terlewatkan ?

Yang mutlak harus dikunjungi adalah pusat keilmuan "Science Center" di Situs Warisan Dunia Pabrik Völklingen. Di sini para pengunjung akan memperoleh informasi antara lain tentang rincian proses produksi pabrik pengolahan besi. Sebuah tantangan terbesar bagi insinyur-insinyur di zaman itu, adalah banyaknya material dan bahan mentah yang volumenya tidak terbayangkan yang melewati setiap bagian produksi. Di sini para pengunjung mencoba proses pengolahannya.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Pertunjukan dan proyek pameran yang beranekaragam yang digelar oleh Warisan Dunia Pabrik Baja Völklingen.

Anda punya saran khusus?

Taman firdaus. Kami memberikan nama ini untuk areal di Pabrik Völklingen yang terletak di antara oven tinggi pabrik besi dan sungai Saar. Luas areal ini setidaknya 30.000 meter persegi. Di tempat ini dibangun tempat duduk dan jalan panjang. Dari sini terlihat pemandangan baru ke Warisan Dunia Pabrik Baja Völklingen.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Potensi besar yang dapat digali untuk penataan dan masa depan yang tersimpan di dalam kompleks pabrik yang amat luas dan sudah tidak beroperasi lagi, namun masih utuh.

Musim apa yang paling indah di sini?

Pada dasarnya setiap musim memiliki daya tarik tersendiri. Pada musim dingin yang menarik terutama adalah lapangan beratap di dalam pabrik. Pada musim panas lapangan bebas di luar yang sangat luas di situs Warisan Dunia.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Yang tidak boleh dilewatkan adalah konser jazz dan klasik yang dipertunjukkan di sini secara rutin.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Bagi pengunjung yang tidak berasal dari Saarland saya usulkan makanan spesial Saarland "Hoorische". Perkedel kentang mentah berbentuk panjang dengan saus krim dicampur dengan potongan lemak babi dan acar kol asam. Makanan ini sebaiknya dinikmati dengan bir Saarland atau minuman wine dari kawasan sungai Mosel bagian Saarland.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

“Great Barrier Reef” di Australia.

Meinrad Maria Grewenig

sejak 1999 menjadi direktur jenderal sekaligus pimpinan harian Warisan Dunia Pabrik Völklingen.

Sebelumnya pakar sejarah kesenian dan arkeologi itu menjadi wakil pemimpin sejumlah museum di Saarland. Sejak 2011 hingga 2013, warga kelahiran Saarland ini termasuk jajaran pengurus Yayasan Kebudayaan Saarland.

 

Trier

78 km

Völklingen

158 km

Lorsch

51 km

Speyer

66 km

Maulbronn