Delapan pertanyaan kepada…

Angelika Braun, pemandu wisata biara dan pakar ilmu pendidikan musium biara Maulbronn

Saya mengunjungi warisan dunia Maulbronn, apa yang tidak boleh terlewatkan ?

Yang harus dilihat, menurut saya, adalah keseluruhan kompleks biara yaitu yang disebut sebagai kota biara dengan perkarangan rumah petani dan kehidupan di kawasan tertutup biara. Dengan begitu dapat dipahami mengapa biara ini dikatakan merupakan kompleks biara abad pertengahan yang paling utuh di seluruh Eropa.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Tempat favorit saya termasuk kawasan tertutup di biara. Yang paling menarik untuk saya terutama gaya bangunannya yang beranekaragam mulai dari Romanik sampai Gotik. Perigi di kapel dan ruang makan biarawan “Herrenrefektorium” yang sangat mengesankan serta ruang bicara biarawan “Parlatorium” dengan kubah-kubahnya yang bergaya Gotik akhir amat menakjubkan. Namun keheningan di jalan salib yang mengelilingi taman di tengah-tengah biara dan tamannya sendiri sangat menenangkan dan mengundang kita beristirahat sejenak.

Anda punya saran khusus?

Di sini ada sejumlah kejutan dan pengunjung yang mengikuti tur khusus bisa mengenal sejarah serta suasana biara Maulbronn.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Dalam kunjungan pertama saya yang paling berkesan adalah kemegahan kompleks biara serta arsitekturnya yang cantik.

Musim apa yang paling indah di sini?

Musim semi, ketika kembang Magnolia yang indah mekar di taman biara. Musim panas, kesejukan di dalam ruangan biara dan restoran-restoran di dalam biara. Musim gugur, kabut dan kelam menekankan serta menggarisbawahi keindahan asketis arsitektur Sistersian. Dan pada musim dingin, keheningan, ada saat di biara dimana tidak ada pengunjung dan kita dapat menikmati kesunyian di jalan salib.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Yang mutlak harus dilihat adalah pemandangan biara yang dibuat oleh biarawan ordo Sistersian 850 tahun yang lalu. Termasuk perkebunan anggur biara juga sistem kanal dan sistem danau di hutan sekitar biara. Alam sekeliling biara dilengkapi dengan sejumlah jalur pejalan kaki. Tetapi jalan-jalan ke danau yang terletak di sekitar biara, yang dulu dibuat oleh para biawaran dan kini pada musim panas digunakan sebagai tempat berenang, juga menyenangkan.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Makanan daerah ini yang harus dicoba adalah dumpling khas Schwaben. Semacam pastel kecil terbuat dari kulit pasta diisi daging dan bayam. Berdasarkan sebuah legenda, makanan ini dulu pertama kali dibuat oleh seorang biarawan Maulbronn.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Saya ingin melihat rumah panggung pra-sejarah di Bodensee dan Taman Raya Muskau di Bad Muskau. Selain itu, saya ingin sekali melihat Taj Mahal di India.

Angelika Braun

Sejak 22 tahun Angelika Braun bekerja sebagai pemandu wisata di biara Maulbronn.

Sekarang pakar ilmu pendidikan museum ini mengurusi apa yang disebut bengkel museum di biara, sebuah instansi di mana anak-anak dan remaja dapat mengenal kehidupan biara lewat cara bermain-main.

 

Trier

78 km

Völklingen

158 km

Lorsch

51 km

Speyer

66 km

Maulbronn