Delapan pertanyaan kepada…

Dorothea Redeker, ketua dewan pengawas warisan dunia Lorsch

Saya mengunjungi warisan dunia Lorsch, apa yang tidak boleh terlewatkan?

Kebanggaan dari biara Lorsch adalah gerbang aula yang dikenal sebagai Balai Raja. Balai ini merupakan satu dari sedikit bangunan peninggalan masa dinasti Karolingia yang masih utuh dan dengan hiasannya yang terbuat dari batu pasiran berwarna merah putih serta pembagian portalnya menjadi tiga segmen menjadikan gerbang ini memiliki daya tertarik tersendiri. Jangan lewatkan tur wisata, karena Anda akan mengetahui banyak tentang sejarah gerbang aula dan rahasia yang hanya diketahui orang-orang tertentu. Apakah gerbang aula ini digunakan untuk tujuan keagamaan, sebagai tempat pengadilan atau perpustakaan hingga sekarang belum jelas. Nampaknya penelitian ilmiah terbarupun hanya menjawab pertanyaan ini secara kira-kira.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Secara pribadi bagi saya yang paling menarik adalah pertanyaan yang belum terjawab seputar biara Lorsch. Tidak banyak yang masih utuh dari biara bekas ordo Benedictin ini, akan tetapi kalangan ilmuwan dari berbagai bidang, mulai peneliti bangunan, sejarawan, pakar sejarah kesenian, arsitek, ahli geologi, sampai ahli geografi, bekerja sama dan mencoba untuk mendapat pengetahuan baru tentang biara ini. Buat saya amat menarik ikut mengalami, ketika para peneliti mengabaikan pengetahuan yang sudah diperoleh sebelumnya seperti mengenai lokasi, struktur bangunannya dan kegunaan bangunan ini, untuk mendapatkan penjelasan yang lebih masuk akal. Dengan begitu biara ini, dan sejarahnya yang belum terungkap, seakan-akan tetap hidup. Mulai 2014 pekarangan biara akan dicoba dibangun kembali seperti semula. Dengan demikian kita dapat memiliki kesan baru mengenai betapa luasnya areal biara ini serta struktur bangunannya. Selain itu, rumah kediaman bangsawan Lauresham dari abad pertengahan awal akan dijadikan sebagai laboratorium terbuka, sehingga kita akan mengetahui kehidupan sehari-hari nenek moyang.

Anda punya saran khusus?

Yang juga termasuk dalam warisan dunia Biara Lorsch adalah Biara Altenmünster. Letaknya kira-kira satu kilometer di selatan kompleks biara. Di tempat sunyi ini di dekat Sungai Weschnitz kita bisa membayangkan bagaimana terpencilnya kehidupan di Biara Lorsch sebelum zaman kejayaannya dulu dan setelah dipindahkan ke bukit pasir yang aman dari banjir.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Warisan Dunia Lorsch dari segi bangunannya cukup sederhana. Dalam kunjungan pertama saya 1986 kelebihan tempat ini belum terasa. Karena itu kesan pertama saya dari biara ini biasa saja.

Musim apa yang paling indah di sini?

Saya pribadi paling suka musim semi. Dari biara saya bisa melihat ke alam di sekeliling biara yang mulai berbunga.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Di pusat Museum Lorsch tidak hanya ada pameran informatif tentang sejarah biara ini, akan tetapi juga ada Museum Tembakau yang patut dikunjungi, begitu juga balai kota tua di Lorsch.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Makanan khas daerah ini adalah roti “Welschbrot”, roti jagung yang dibuat tukang roti di sini pada musim gugur.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Di Jerman saya ingin mengenal Taman Raya Dessau-Wörlitz. Selain itu, saya penasaran dengan pusat kota tua di Krakow Polandia.

Dorothea Redeker

berasal dari Rheinland.

Setelah menyelesaikan studinya di Bonn 1986 bersama keluarganya ia pindah ke Lorsch. Sejak lama pakar geografi ekonomi ini menduduki jabatan yang berbeda-beda di bidang penerbitan buku dan media. Sejak Agustus 2011 ia menjadi ketua dewan pengawas monumen warisan dunia biara Lorsch.

 

Trier

78 km

Völklingen

158 km

Lorsch

51 km

Speyer

66 km

Maulbronn