Delapan pertanyaan kepada…

Hans Schaidinger, walikota Regensburg

Saya mengunjungi Warisan Dunia Regensburg: Apa yang tidak boleh terlewatkan?

Agar tidak ada yang terlewatkan, saya sarankan strategi sempurna ini: sebaiknya Anda memulai dari pusat pengunjung warisan dunia di Salzstadel. Dari sini Anda akan mendapat kesan menarik pertama, sejumlah informasi untuk melihat-lihat serta mengenal sejarah kota Regensburg. Tempat ideal untuk mengetahui tempat-tempat yang paling menarik. Kawasan inti warisan dunia memang cukup mudah ditempuh dengan berjalan kaki.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Kantor saya terletak di balai kota tua "Altes Rathaus", berdekatan dengan gedung aula utama kekaisaran "Reichssaal" dimana dari 1663 sampai 1803 digelar pertemuan rutin dewan kekaisaran Romawi. Bagi saya, gabungan antara Altes Rathaus dan Reichssaal memiliki daya tarik khusus.

Anda punya saran khusus?

Jika berjalan-jalan melewati gang-gang sempit dan berliku-liku, sekali-sekali Anda coba melihat ke atas: Anda akan mendapat perspektiv menarik yang tidak terduga. Anda bisa melihat bagaimana menara Katedral menjulang ke atas atau melihat bagaimana awan terbang perlahan-lahan melewati menara Geschlechtertürme. Berkat menara-menara ini Regensburg antara lain juga dijuluki sebagai kota Italia yang paling utara.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Keanekaragaman dan dinamika kota ini. Inovasi dan tradisi saling bertautan satu sama lain. Warisan Dunia Regensburg bukan museum, akan tetapi sebuah kota yang berinspirasi, modern sekaligus memiliki sejarah unik.

Musim apa yang paling indah di sini?

Penggemar Italia tentu akan langsung menjawab pertanyaan ini dengan: musim panas. Kedai kopi di jalanan ramai dikunjungi, banyak konser, kehidupan kota berlangsung di luar. Untuk saya musim dingin di Regensburg dengan pasar natalnya yang indah memiliki daya tarik khusus. Bagi yang lebih suka ketenangan, musim gugur dan musim semi adalah yang paling baik.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Bila Anda melihat Regensburg dari tempat yang sedikit lebih tinggi, saya anjurkan untuk mampir ke perbukitan Winzerer Höhe di kawasan utara sungai Donau. Di sana Anda dapat berjalan-jalan di hutan dan dari atas menikmati gambaran indah kota Regensburg.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Di Regensburg sejak 500 tahun lebih dekat jembatan Steinernen Brücke terdapat tempat jualan sosis goreng. Di sana Anda mendapat sosis goreng khas Regensburg dengan saos mustard buatan sendiri.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Banyak warisan dunia yang pernah saya kunjungi dan saya ingin melihat satu kali semua warisan dunia yang ada. Karena setiap warisan dunia memiliki daya tarik sendiri. Saya berencana untuk megunjungi Beemster Polder di Belanda.

Hans Schaidinger

menghabiskan sebagian besar hidupnya di Regensburg.

Setelah menamatkan studi ekonomi 1978 ia menjadi pegawai pemerintah kota Regensburg. Di tahun 90-an ia pindah bekerja ke sektor industri, tahun1996 ia menjadi walikota kota warisan dunia Regensburg. Sejak itu ia telah dipilih dua kali lagi sebagai walikota Regensburg.