Delapan pertanyaan kepada…

Marie-Lousie Frey, Geolog dan pimpinan Warisan Dunia Situs Penggalian Messel

Saya mengunjungi Warisan Dunia Messel: Apa yang tidak boleh terlewatkan?

Jika kondisi tubuh Anda fit, cobalah untuk turun ke lokasi paling dalam di situs penggalian Messel atau ikut melakukan ekspedisi di dalam lubang pengeboran di pusat pelayanan pengunjung. Dasar terdalam situs penggalian Messel sekitar 65 meter di bawah tanah.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Lokasinya yang tidak mencolok, namun menyimpan harta karun unik sedunia– bagaikan berlian mentah – nilainya tidak langsung nampak.

Anda punya saran khusus?

Sebaiknya Anda mengikuti tawaran tur wisata di sore atau malam hari. Karena di saat-saat tenang seperti itu situs penggalian Messel menampilkan atmosfir istimewa.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Semakin dalam pengunjung memasuki situs penggalian Messel semakin jelas kenampakan tiga dimensi bekas penambangan dan karakter kawahnya. Kawah yang tercipta 47 juta tahun lalu merupakan landasan bagi lapisan batutulis yang ditemukan di sini sekarang serta bagi keanekaragaman fosil.

Musim apa yang paling indah di sini?

Buat saya pribadi bekas penambangan Messel berkesan secara emosional di bulan Mei dan Juni saat alam dan sekitarnya begitu juga situs penggalian Messel dibangunkan oleh musim semi.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Museum fosil di Messel, sekitar empat kilometer dari lokasi penggalian Messel. Disamping temuan fosil, museum ini juga mendokumentasikan perjuangan warga dan masyarakat Messel di masa lalu, menentang gagasan yang hendak menjadikan situs warisan dunia ini menjadi tempat pembuangan sampah akhir.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Yang spesial di daerah sekitar Messel adalah masakan kentang misalnya ”Messeler Flapsch“, semacam goreng-gorengan dari kentang. Siapa yang tidak begitu suka kentang, bisa mencoba keju yang dimasak dengan roti gandum.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Pada musim panas saya ingin mengunjungi Wattenmeer dan di musim semi pulau Reichenau.

Marie-Luise Frey

adalah pimpinan Warisan Dunia Penggalian Fossil Messel.

Pakar geologi ini studi pertambangan, geologi dan metalurgi di Aachen. Sejak 2003 ia bekerja untuk situs penggalian fosil di ceruk Messel. Beberapa tahun belakangan ini ia mengupayakan agar situs warisan dunia tersebut tetap dapat diakses dengan baik oleh para pengunjung meskipun penelitian tetap berjalan.