Delapan pertanyaan kepada…

Ralf Lukas, penyanyi opera

Saya mengunjungi Warisan Dunia Bayreuth: Apa yang tidak boleh terlewatkan?

Sebuah konser atau pertunjukkan opera di gedung Opera Markgraf yang sudah ada sejak 260 tahun.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Tribun penonton di balkon yang megah dan kaya ukiran dan seutuhnya terbuat dari kayu bergaya Barok. Sampai sekarang saya terkagum-kagum dengan kota Bayreuth yang relatif kecil tapi dapat membangun gedung opera yang sangat menakjubkan.

Anda punya saran khusus?

Pementasan khusus di Gedung Opera Markgraf. Misalnya "Argenore" karangan putri Wilhelmina Markgraf. Dalam rangka pernikahan anaknya dengan pangeran Württemberg di abad ke-18 dibangun Gedung Opera Markgraf. Selama pertunjukkan "Argenore" tahun 2010 disajikan santap malam lima tahap. Sebuah pengalaman yang luar biasa.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Dengan hanya beberapa langkah saya memasuki waktu dan ruang yang berbeda sekali.

Musim apa yang paling indah di sini?

Sebaiknya Anda luangkan banyak waktu untuk mengenal tempat ini. Anda duduk di tempat penonton dan nikmati saja pemandangan yang ada. Dengan begitu Anda mendapat kesan dari seluruh gedung opera dan bisa merasakannya.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Proyek lain putri Wilhelmina. Misalnya taman Eremitage di depan gerbang Bayreuth: taman raya yang bersejarah dari abad ke-18 dengan bangunan kecilnya, sumur dan permainan air seperti Gedung Opera Markgraf sebagai mahakarya Barok.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Makanan daerah sini yang mengenyangkan seperti "Schäufele" yang khas Franka: daging babi dipanggang disajikan dengan sayuran dan bola-bola kentang.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Tembok besar Cina.

Ralf Lukas

berasal dari Bayreuth. Ia belajar menyanyi di Sekolah Tinggi Kesenian Berlin.

Hingga 2002 penyanyi bariton bass ini adalah anggota Opera Jerman Berlin. Dalam karirnya ia pernah menyanyi di opera Perancis, Italia, Austria, Spanyol sampai Brasil. Dari 2006 hingga 2012, Ralf Lukas secara rutin bernyanyi di Festival Bayreuth.