Delapan pertanyaan kepada…

Ulrike Laible, pemimpin kantor Pusat Warisan Dunia Bamberg

Saya mengunjungi Warisan Dunia Bamberg: Apa saja yang tidak boleh terlewatkan?

Kota tua Bamberg sangat beranekaragam dan menyimpan sejumlah harta bernilai seni dan budaya tinggi. Di awal kunjungan para tamu akan langsung melihat dari gambaran kotanya bahwa rancangannya bergaya abad pertengahan dan Barok. Karena itu, sangat dianjurkan untuk berjalan-jalan di jalanan dan gang-gang bersejarah. Tentu tidak boleh melewatkan Katedral, Alte Hofhaltung, istana dengan taman mawarnya dan bali kota lama “Altes Rathaus“ di tengah-tengah sungai.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Bamberg merupakan kota hidup dengan berbagai tempat yang menarik untuk beristirahat sejenak. Khususnya yang paling saya sukai hubungan erat antara kota dengan sungai Regnitz dan banyak lahan hijau. Pemandangan alam yang unik misalnya di kawasan sekitar biara St. Michael dengan taman yang bertingkat-tingkat dan ladang pohon buah-buahan yang luas. Kini di lereng selatan biara kembali ditanam anggur.

Anda punya saran khusus?

Saran khusus saya adalah kota tukang kebun yaitu bagian kota tua Bamberg yang dulunya merupakan kawasan hunian tukang kebun dan karena keunikan strukturnya yang terpelihara termasuk warisan dunia. Sebuah jalur dengan anjungan pemandangan yang dibangun baru-baru ini melengkapi bagian kota ini. Dari anjungan ini pemandangan mencakup seluruh kawasan hunian tukang kebun. Yang menarik lagi adalah musium tukang kebun dan tukang cangkul yang didisain baru. Di sana Anda bisa mempelajari sejarah pertamanan Bamberg. Sampai sekarang masih banyak warga kota yang bekerja sebagai tukang kebun – mereka senang bila dikunjungi.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Disamping monumen penting, yang berkesan juga adalah bagian yang kecil-kecil di Bamberg yang masih dalam kondisi terpelihara baik. Dimana-mana Anda bisa menemukan sesuatu yang menarik.

Musim apa yang paling indah di sini?

Yang paling indah tentunya musim panas. Saat dimana kedai bir tradisional yang di sini sebut “Bierkeller“ dibuka. Kalu Anda lebih suka suasana tenang, bulan-bulan di musim dingin lebih ideal. Disarankan untuk melihat konser simfoni Bamberg yang terkenal atau berjalan-jalan di jalur ziarah menyambut hari natal yang melewati gereja-gereja indah di Bamberg.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Menyambut festival taman 2012 jalan sepanjang tepi sungai Regnitz diperluas. Jalan ini menghubungkan bekas kawasan industri dengan taman umum Hain. Dekat pintu air bersejarah “Schleuse 100“ Anda bisa menikmati panorama cantik ke vila Concordia yang sekarang digunakan sebagai rumah seni internasional. Anda juga dapat melihat pameran "Im Fluss der Geschichte“ di museum sejarah Bamberg yang mendapat penghargaan khusus dari UNESCO.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Dapur kawasan Franka terkenal dengan masakan rumahannya. Antara lain roti diisi irisan daging tipis serta keju, sosis goreng, daging babi panggang, kaki babi atau bawang bombai yang diisi dengan daging. Tentu harus dilengkapi bir hitam dengan aroma Malz asap.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Bangunan Fagus di Alfeld dekat sungai Leine – sebuah karya pertama arsitektur modern.

Ulrike Laible

adalah pakar sejarah arsitektur. Sampai 2009 Berlin merupakan kota tempat ia bekerja.

Di Berlin ia menjabat sebagai pimpinan Pusat Schinkel untuk arsitektur, penelitian kota dan proyek perawatan monumen, serta bertanggung-jawab untuk pameran dan publikasi seputar tema-tema arsitektur dan sejarah kesenian. Sejak 2011 ia memimpun kantor Pusat Warisan Dunia Bamberg.