Delapan pertanyaan kepada…

Kristin Knebel, ahli sejarah seni

Saya mengunjungi Warisan Dunia Weimar, apa yang tidak boleh terlewatkan?

Weimar kaya akan situs yang termasuk Warisan Dunia. Jangan sampai tidak mengunjungi rumah kediaman Goethe, Perpustakaan Herzogin Anna Amalia dengan ruangan rokokonya, Istana Kota Weimar dan taman dekat Ilm dengan rumah peristirahatan Goethe serta Rumah Romawi.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Kombinasi antara Weimar klasik dan modern menciptakan suasana yang sangat menarik. Di Weimar Anda bisa menyelami masa lalu abad ke-18 dan ke-19 awal, namun tetap bisa menikmati karya-karya ahli filsafat modern Friedrich Nietzsche, komponis Franz Liszt atau arsitek Henry van de Velde dan gaya Bauhaus. Kamp konsentrasi Buchenwald dan Gauforum yang menjadi simbol kekuasaan Nazi yang terletak di utara kota Weimar bukan merupakan bagian dari Warisan Dunia, namun ini adalah bagian dari Weimar juga. Di sanalah terlihat jelas sisi kelam sejarah Jerman, begitu juga politik Jerman di masa lalu.

Anda punya saran khusus?

Anjuran saya adalah Istana Kota. Dari luar istana ini nampak seperti kotak kaku. Namun bila mencermatinya lebih dekat istana ini bagaikan permata indah, khususnya di sebuah tempat yang memancarkan otentisitas. Karya arsitektur yang bernilai sangat tinggi adalah ruangan pesta bergaya klasik yang dibangun 1800 dengan Tangga Gentz serta ruang dansa. Di dalam istana yang dikelola Yayasan Klasik dipamerkan sebagian dari koleksi besar lukisan karya Dürer, Cranach, Caspar Friedrich hingga Monet, Rodin dan Beckmann. Layak dikunjungi! Namun perlu waktu banyak untuk dapat menikmati seluruh istana.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Sejak kecil saya sudah mengenal baik rumah Goethe, terutama taman-taman dan kebun yang ada di kota Weimar dan di sekelilingnya. Sampai sekarang saya selalu terkesan dengan kamar-kamar di rumah kediaman Goethe. Di dalam rumahnya di Frauenplan, Anda akan merasa sangat dekat dengan Goethe, karena sebagian besar peninggalannya masih utuh dan dapat dilihat. Saya selalu tersentuh pada khususnya kamar kerja Goethe. Di sini Anda bisa melihat dengan tepat di laci penyimpanan barang-barang dan dokumen serta kenangan-kenangan. Kamar kerjanya berbatasan langsung dengan perpustakaan pribadi Goethe. Di rumah ini terasa ada suasana kerja.

Musim apa yang paling indah di sini?

Terutama musim semi dan panas, juga musim gugur paling indah di Weimar. Taman besar yang seakan-akan mengelilingi kota Weimar seperti sebuah pita hijau, menyajikan keanekaragaman tumbuhan. Termasuk taman dekat Sungai Ilm, taman di Tiefurt dan terutama taman besar Belveder. Taman-taman ini dilengkapi dengan taman intim dekat rumah taman peristirahatan Goethe dan rumah kediamannya. Dimana-mana dapat ditemukan tempat untuk beristirahat sejenak, apakah di tengah pohon-pohon tua atau di bangunan kecil yang jumlahnya cukup banyak di taman itu atau permainan air. Di musim dingin juga bisa beristirahat di rumah-rumah penyair. Para pengunjung dapat melihat-lihat koleksi istana atau Museum Bauhaus.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Sangat disarankan untuk melihat Museum Bauhaus di Theaterplatz. Meskipun museum itu tidak terlalu besar, Anda tetap mendapat kesan yang berbeda tentang sejarah Bauhaus. Terutama karena dapat melihat karya seni guru-guru dan para murid Bauhaus. Tahun depan Yayasan Klasik akan membangun sebuah museum baru untuk Bauhaus.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Dimana-mana Anda bisa menemukan makanan khas Thüringen yakni Thüringer Bratwurst. Di Thüringen rasanya paling enak, atau makanan berdaging dengan bola-bola kentang ala Thüringen. Khususnya di musim panas di setiap sudut kota ada kedai kopi dimana Anda dapat duduk dengan nyaman dan menikmati kotanya.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Saya belum memutuskannya. Mungkin dalam waktu tidak lama saya akan pergi Italia untuk mengunjungi perkuburan Etruscan di Provinsi Latium dekat Roma. Saya sudah tertarik lama untuk melihat Tarquinia. Tetapi kota antik Herculaneum di Teluk Napoli juga termasuk dalam rencana saya dan banyak lainnya.

Kirstin Knebel

mengenal kota Warisan Dunia Weimar sejak kecil.

Ia besar di kota Bauhaus dan klasik ini. Di sini ia menjalankan sebagian besar masa kerjanya. Di kota Jena yang terletak tidak jauh dari Weimar, dia menyelesaikan studi sejarah seni dan teologi. Sejak 2009 ia bekerja sebagai asisten pribadi direktur jenderal Museum Klasik Yayasan Weimar.