Delapan pertanyaan kepada…

Petra Wesch, pegawai Yayasan Istana Prusia dan Taman Raya Berlin-Brandenburg

Saya mengunjungi Warisan Dunia Potsdam: Apa yang tidak boleh terlewatkan oleh saya?

Tentu bukit anggur Friedrich Agung, di atasnya terletak istana Sanssouci yang mengagumkan. Kalau lebih suka tidak terlalu komersial, ada istana Charlottenhof yang sedikit terpencil dekat jalan utama dengan permandian Romawi.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Taman Raya Sanssouci berbeda sekali dengan taman-taman yang memiliki struktur jelas dan ada jalur geometris, pohon-pohon dan pagar hidup dipangkas kaku dan biasanya hanya bisa ditemukan di taman raya raja-raja. Di sini jalanan, padang rumput dan pepohonan nampaknya tumbuh alami. Seakan-akan berjalan dalam sebuah lukisan. Begitu juga Istana Charlottenhof, berbeda sekali dengan istana-istana yang kita bayangkan. Istana ini seperti vila biasa milik orang kaya yang mengatur rumahnya dengan selera tinggi dan mewah.

Anda punya saran khusus?

Iya, tetapi ini sebenarnya rahasia saya, yaitu taman mawar di Istana Charlottenhof. Sekian saja ya, saya tidak ingin membocorkan rahasia saya lebih banyak!

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Kombinasi sempurna antara taman alami dengan taman buatan. Karena di sini air dijadikan sebagai elemen yang menentukan, keunikan alam ini bisa dinikmati lebih baik dari kapal. Sebaiknya Anda naik taksi air.

Musim apa yang paling indah di sini?

Musim apapun suasana di sini selalu memikat. Saya pikir, tergantung tipe orang. Saya misalnya pada musim dingin saat suhu beku saya suka juga berjalan-jalan di daerah Havelsee dan menikmati keindahan alam di sini.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Sebaiknya menjelajahi kota Potsdam dengan berjalan kaki. Artinya bukan hanya menyelusuri jalan Brandenburg, akan tetapi juga gang-gang kecil dan masuk gang masuk rumah, untuk melihat pekarangan rumah-rumah Barok yang dibangun ketika Potsdam diperluas.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Di musim semi asparagus daerah ini luar biasa lezatnya.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Tembok raksasa di Cina. Bangunan besar itu ingin saya telusuri jauh sekali. Mungkin mulai dari matahari terbit sampai terbenam.

Petra Wesch

dilahirkan di Eckartsberga di Sachsen-Anhalt.

Di Potsdam selama lebih dari 20 tahun ia bekerja sebagai ahli pendidikan di bidang pendidikan kebudayaan untuk anak dan remaja. Sejak 1983 istana dan taman di Potsdam merupakan tempat kerjanya. Petra Wesch membuat perencanaan dan konsep untuk tur dan acara di taman raya yang dulunya dibangun oleh Friedrich Agung.