Delapan pertanyaan kepada…

Serena L’hoest, penerjemah dan penyuluh di bidang perlindungan bagunan cagar budaya

Saya mengunjungi Warisan Dunia Essen, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Tentunya tur wisata bersama rekan saya atau saya. Di sini Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang arsitektur, sejarah industri dan sejarah sosial pertambangan batu bara dan pengolahannya. Kami juga memberikan informasi Warisan Dunia pada pengunjung dari kalangan pakar dan orang awam dengan mesin-mesin asli, model dan instalasi multimedia, dan tentu saja dengan bantuan instalasi pabrik ini. Kami memiliki beragam tur wisata dengan tema-tema khusus, mulai tema seni rupa hingga ulang tahun anak.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Keregaman amat besar instalasi industri bersejarah, arsitektur yang mengagumkan dan kesenian, acara budaya serta alam di Taman Zollverein.

Anda punya saran khusus?

“Palace of Projects” karya Ilya dan Emilia Kabakov di gudang garam tanur pengolahan batubara adalah instalasi seni rupa yang tetap memukau saya.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Menara tambang yang menjadi ikon kawasan ini. Menara itu ibaratnya mahkota dari terowongan tambang XII. Arsitekturnya merupakan rancangan Fritz Schupp dan Martin Kremmer dalam gaya “Neue Sachlichkeit”, atau Obyektivitas Baru.

Musim apa yang paling indah di sini?

Untuk tiap musim saya punya saran. Musim panas, menikmati panorama kawasan Ruhr dari atap pengolahan batubara amat menakjubkan. Musim gugur, hutan di sekitar tambang yang dihiasi karya perupa Ulrich Rückriem seperti menyihir pengunjung. Musim dingin, bisa berseluncur di lapangan es di bekas pabrik pengolahan batubara. Musim semi, beralan-jalan di pekarangan tambang untuk menikmati keindahan alam sekitar tambang.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Museum Ruhr termasuk fasilitas pengolahan batubara di Terowongan XII, yang menawarkan informasi tentang sejarah alam dan budaya kawasan. Anda bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk melihat-lihat di museum ini.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Seporsi besar kentang goreng. Mereka yang suka hidangan lengkap ada kantin Zollverein dan kafe Kokerei yang menyajikan masakan daerah.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Pulau tambang yang ditinggalkan penduduknya, Hashima di Jepang. Pulau itu memang bukan Warisan Dunia, tapi katanya sudah diusulkan.

Serena L'hoest

berasal dari kawasan Ruhr. Ia lahir dan besar di Essen.

Ia menyelesaikan studi psikologi di Bochum dan Paris. Kini ia tinggal di Essen dan bekerja sebagai penerjemah serta penyuluh di bidang cagar budaya. Salah satu spesialisasinya adalah pemandu wisata berbahasa Perancis untuk arsitek dan perencana kota, yang ingin mengetahui informasi mengenai dampak deindustrialisasi dan perubahan struktur menyeluruh kawasan permukiman padat di Jerman.

 

Bingen

65 km

Koblenz

97 km

Brühl

20 km

Köln

71 km

Aachen

128 km

Essen