Delapan pertanyaan bagi…

Ute Lieske, Wakil Walikota Eisenach

Saya mengunjungi Warisan Dunia Wartburg, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Wartburg adalah ciri khas Eisenach. Kastil itu menjulang di atas kota dan terlihat dari kejauhan. Agar bisa mendapatkan kesan dari arti sejarah kastil ini, Anda harus mengikuti tur wisata menjelajahi apa yang disebut istana, yakni bangunan gaya Romanik dari abad ke-12. Siapa yang mengunjungi Wartburg bersama anak-anak, dia harus mentraktir anak-anak untuk menunggang keledai.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Wartburg selalu mengesankan. Jika berada di atas menara, melihat pemandangan kota dan hutan Thüringia, saya makin mencinta kampung halaman saya. Konser malam hari yang digelar secara teratur, juga sangat indah. Larut malam ketika hiruk-pikuk kota mereda, areal kastil memancarkan atmosfer tenang dan kokoh.

Anda punya saran khusus?

Di jalan menuju Wartburg ada Jalur Elisabeth. Jalan ini dibuka untuk menghormati Elisabeth dari Thüringia. Sejak abad ke-13 bangsawan Thüringia Elisabeth dinobatkan sebagai orang suci gereja Katolik. Jalur Elisabeth melintasi pondasi rumah sakit yang didirikan Elisabeth untuk orang-orang miskin dan papa.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama?

Di seputar Wartburg sangat terasa nuansa sejarah. Apakah Santa Elisabeth dari Thüringia, Martin Luther, Johann Wolfgang Goethe atau Kontes Penyair Wartburg yang legendaris, semuanya itu terpatri dalam sejarah Jerman. Selain itu Wartburg sangat terpelihara, sehingga ibaratnya kita seperti dilontarkan ke masa lalu.

Di sini paling indah saat musim apa?

Wartburg patut dikunjungi pada musim apa pun. Sebelum Natal, Pasar Natal abad pertengahan adalah pilihan bagus. Pada musim panas ada acara-acara yang digelar malam hari. Alam di sini juga sangat indah pada musim semi dan gugur.

Apa lagi yang harus saya lihat disini?

Eisenach yang indah dan bersejarah di lereng bagian bawah kastil.

Warisan Dunia membuat lapar. Hidangan makanan khas daerah apa yang harus saya coba?

Anda harus mencicipi sosis Thüringia, “Thüringer Bratwurst”. Bola-bola kentang “Thüringer Klöße” dan daging hewan liarnya sangat lezat. Sore hari enaknya makan kue tar krim asam, “Schmandkuchen”.

Dan situs Warisan Dunia apa yang ingin Anda kunjungi?

Pusat kota Brügge di Belgia yang bernuansa abad pertengahan.

Ute Lieske

lahir dan dibesarkan di Eisenach.

Pakar administrasi niaga tersebut menghabiskan sebagian besar masa kerjanya di kota ini. Dari tahun 2006 hingga 2012 ia memegang jabatan sebagai wakil walikota di kota asalnya dan bertanggung jawab untuk urusan kebudayaan, olahraga dan sosial.