Delapan pertanyaan bagi…

Karl Schünemann, petugas UNESCO di Pabrik Fagus Alfeld

Saya mengunjungi Warisan Dunia Pabrik Fagus, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Saya sangat terkesan pada karya arsitektur Walter Gropius di Pabrik Fagus, Alfeld, yang umurnya lebih dari seratus tahun. Pabrik itu hingga kini terus berproduksi. Pameran Fagus-Gropius tentang sejarah dan arsitektur pabrik ini juga ada di sini dan terletak di tengah aula produksi yang beroperasi sampai sekarang. Jadinya Pabrik Fagus Alfeld adalah Warisan Dunia yang sangat hidup.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Arsitektur kaca dan baja yang bermandikan cahaya menurut saya sangat unik. Sejak saya masih dalam masa magang, lebih 50 tahun lalu, saya selalu terkesan dengan terangnya bangsal produksi. Antusiasme saya terhadap arsitektur pabrik ini sama sekali tidak berubah selama bertahun-tahun ini.

Anda punya saran khusus?

Siapa yang mengunjungi pabrik ini, harus melihat minimal sekali dari luar lewat jendela kaca gedung utama pabrik di lantai dasar. Dari seratus tahun lalu sampai sekarang kita bisa mengamati bagaimana berbagai bentuk sepatu dirancang, dibentuk dan diproduksi dengan tangan.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama?

Desain sederhana, mudah, dan fungsional arsitektur ini.

Musim apa yang paling indah di sini?

Pertama kita hendaknya berjalan menjelajahi areal pabrik. Jadi bisa mendapatkan kesan keseluruhan pabrik ini. Acara jalan-jalan itu memakan waktu sepuluh menit dan setiap menitnya sangat berharga.

Apa lagi yang harus saya lihat disini?

Kampung saya adalah Leinebergland di sekitar Alfeld. Siapa yang bisa meluangkan waktu di sini, dapat menjelajahi daerah pegunungan Mittelgebirge yang sangat indah.

Warisan Dunia membuat lapar. Hidangan makanan khas daerah apa yang harus saya coba?

Pada musim gugur dan dingin Anda bisa mencicipi kol hijau dan sosis “Bregenwurst” di kawasan ini. Sajian yang sangat khas dan tradisional di daerah ini.

Dan situs Warisan Dunia apa yang ingin Anda kunjungi?

Kota Tua Krakow di Polandia, yang menjadi Warisan Dunia sejak 1978.

Karl Schünemann

adalah pembuat pola cetakan sepatu berijazah. Ia bekerja untuk Pabrik Sepatu Fagus di Alfeld selama 50 tahun.

Sejak 2009 ia tidak lagi bekerja di bagian produksi, melainkan menjadi petugas UNESCO untuk Pameran Fagus Gropius. Schnünemann lahir dan dibesarkan di Leinebergland, negara bagian Niedersachsen, kawasan dekat kota Alfeld.