Delapan pertanyaan kepada…

Stefan Rhein, direktur Yayasan Situs Peninggalan Luther di Sachsen-Anhalt

Saya mengunjungi Warisan Dunia Wittenberg, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Pertanyaan mudah. Ada empat bangunan yang menjadi Situs Warisan Dunia di Wittenberg. Gereja Kota dan Gereja Schlosskirche, Rumah Luther dan Rumah Melanchthon. Semua tempat ini sangat menarik dan patut dikunjungi. Yang tidak boleh dilewatkan adalah Gereja Schlosskirche dengan Pintu Dalil dan makam dua Bapak Reformator, Martin Luther dan Philipp Melanchthon. Aura istimewa juga terasa di kamar Luther, di Rumah Luther. Kamar itu adalah tempat digelarnya pembicaraan saat makan Luther yang terkenal.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Kota Tua Wittenberg yang ibaratnya museum di alam terbuka. Di sini Luther pernah hidup dan berkarya, ia pernah melewati jalan ini, ia kenal gedung ini. Keaslian sejarah membuat kunjungan di Wittenberg menjadi pengalaman istimewa. Tidak hanya kunjungan, saya tinggal di sini dan senang hidup di Wittenberg.

Anda punya saran khusus?

Tip rahasia saya adalah Luthersbrunnen, rumah makan tidak jauh dari Kota Tua Wittenberg dan dekat tepi Sungai Elbe. Itu adalah gedung bersejarah di jalan Dresdener Strasse. Di ruang bawah tanahnya terdapat sumur yang sudah ada sejak zaman reformasi gereja, namanya Sumur Luther. Sumur ini seperti banyak tempat di Wittenberg dan sekitarnya konon pernah dikunjungi Martin Luther bersama siswanya.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Kalau saya mengingat kembali kunjungan pertama saya di Wittenberg tahun 1990, saya terkesan dengan perkembangan baru setiap harinya yang dialami kota ini. Semasa kuliah, saya menghabiskan banyak waktu menelaah karya Philipp Melanchthon. Pada 1990 saya berdiri di kamar, tempat cendekiawan besar Melanchthon menuliskan karyanya. Waktu itu saya amat terkesan.

Musim apa yang paling indah di sini?

Pada tiap musim, Wittenberg punya keistimewaan tersendiri. Masa terindah di sini adalah musim semi. Di halaman Rumah Luther ada pohon magnolia yang sangat indah ketika berbunga.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Tidak hanya Luther dan Reformasi Kristen Protestan yang membentuk citra kawasan ini. Taman Raya Dessau-Wörlitz dan Bauhaus Dessau juga ada di kawasan ini, serta patut dikunjungi. Sangat dekat dan letaknya di sepanjang Sungai Elbe.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Di Wittenberg, semuanya berbau Luther, juga yang menyangkut makanan. Ada roti Luther, kue Luther, bir Luther atau anggur Luther. Tidak ada batasan dalam kreativitas. Mencicipi semua itu bisa menjadi pengalaman khusus.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Gereja Damai atau “Friedenskirche” di Swidnica dan Jauer di Polandia. Reformasi Gereja Kristen Protestan meninggalkan jejak tidak hanya di Jerman.

Stefan Rhein

Rhein berkiprah menekuni sejarah Reformasi Protestan dan situasinya saat ini selama bertahun-tahun.

Sejak 1998 pakar bahasa ini memimpin Yayasan Situs Peninggalan Luther di Sachsen-Anhalt. Selain itu ia menjabat sebagai ketua prakarsa ”Jalan Menuju Luther”, yang mengajak wisatawan menelusuri jejak Bapak Reformator Gereja Kristen Protestan itu.