Delapan pertanyaan kepada…

Katrin Lesser, arsitek lanskap dan pertamanan

Saya mengunjungi Warisan Dunia Pemukiman Modernisme Berlin, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Kota taman Falkenberg adalah karya rancangan arsitek Bruno Taut dan kakek buyut saya, arsitek pertamanan Ludwig Lesser. Letaknya sudah di luar kota Berlin, makanya lebih jarang dikunjungi dibanding lima pemukiman modernisme lainnya di Berlin. Tapi menurut saya, Falkenberg patut dikunjungi. Sebagai pemukiman terbesar dari enam kompleks hunian Warisan Dunia di Berlin, tentu Pemukiman Tapal Kuda harus dikunjungi. Kompleks ini merupakan konstruksi besar pertama di Berlin pada dasawarsa 1920an.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Falkenberg merupakan contoh pertama kota taman di Berlin yang dibangun sebelum Perang Dunia I. Hunian itu dicat berwarna-warni dan juga dijuluki sebagai ”Pemukiman Palet Cat”. Ketika dibangun, banyak orang Berlin yang merasa terprovokasi oleh rumah warna-warni ini, dimana salah satu warnanya hitam. Pemukiman Tapal Kuda juga diwarnai merah, kuning, biru, dan putih. Bruno Taut sangat lihai merancang bangunan perkotaan yang menarik dan makin menonjolkannya dengan polesan cat warna-warni.

Anda punya saran khusus?

Saran saya adalah “Taute Heim” atau “Rumah Taut”. Rumah yang terletak di sektor enam Pemukiman Tapal Kuda ini direkonstruksi ulang dengan cat interior rancangan Bruno Taut dan diisi dengan mebel dari tahun 1920/30an. Seluruh rumah, termasuk tamannya yang direstorasi sebagaimana aslinya bisa disewa. Jadi kesan bagaimana hidup di zaman itu bisa terus terasa.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Pemukiman Tapal Kuda dimiliki orang-orang yang sama selama lebih dari 75 tahun. Makanya banyak unsurnya yang masih asli. Misalnya jendela kayu ganda atau daun pintu tidak pernah diganti. Semuanya masih dalam bentuk dan warna yang sama. Hasilnya, citra yang seragam dan tenang.

Musim apa yang paling indah di sini?

Di Pemukiman Tapal Kuda musim semi saat paling indah. Di dua jalan, Parchimer Allee dan Onkel-Bräsig-Strasse, taman depannya ditanami ceri hias. Pada bulan April sepanjang jalan dipenuhi bunga ceri yang bermekaran, seperti melangkah di awan merah muda. Selain itu banyak pula pohon buah, yang ketika berbunga indah sekali dengan warna putih hingga merah muda.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Di dekat Pemukiman Tapal Kuda ada kompleks cagar budaya Gutshof Britz dengan dua musium, dua restoran, dan kebun Gutspark dari abad ke-17. Di sini orang bisa menikmati pusat desa tua dengan gereja, danau kecil, rumah pendeta, dan sekolah. Semua jenis hewan ternak khas juga dipelihara di kompleks ini.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Pada musim semi, tentu saja asparagus Beelitz. Asparagus ini tumbuh di selatan Berlin dan enak sekali kalau dinikmati bersama daging asap dan kentang.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Saya ingin sekali mengunjungi benteng kota dan kota tua Shibam di Yaman. Saya pikir, bangunan rumahnya yang terbuat dari lempung sangat menarik.

Katrin Lesser

tinggal di pemukiman Britz atau Pemukiman Tapal Kuda lebih dari 15 tahun.

Sejak 2008 hunian di Berlin Selatan ini menjadi Warisan Dunia Pemukiman Modernisme Berlin. Lesser dibesarkan di Karlsruhe. Saat ini ia bekerja sebagai penilik cagar budaya Warisan Dunia Pemukiman Tapal Kuda dan kota taman Falkenberg.