Delapan pertanyaan kepada…

Hans-Ulrich Rösner, Pemimpin WWF urusan Wattenmeer di Husum

Saya mengunjungi Warisan Dunia Wattenmeer, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Menjelajahi pantai lumpur. Maksudnya adalah berjalan-jalan di dasar laut ketika surut. Di sepanjang pesisir Laut Utara ada banyak pemandu wisata. Pantai lumpur ini adalah Warisan Dunia dan dengan luas sekitar 10.000 km persegi situs ini cukup besar. Jadi ada banyak hal yang bisa dilihat. Untuk saya, Wattenmeer adalah dunia yang menarik.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Luasnya, perasaan bahwa di sini alamnya masih asli. Salah satu pengalaman yang hanya bisa dinikmati di Eropa yaitu di kawasan suaka sebuah taman nasional. Selain itu sekitar 10 juta burung singgah di Wattenmeer ini tiap tahunnya. Sebagian besar sebenarnya berkembang biak di kutub utara, di Siberia atau Greenland. Bisa dibayangkan perjalanan yang bakal ditempuh hewan-hewan ini, sangat menakjubkan.

Anda punya saran khusus?

Tidak ada mobil di lima dari tujuh pulau Frisia Timur di Wattenmeer Niedersachsen. Di mana kita bisa mengalami lagi hal seperti itu? Perasaan luar biasa setidaknya ketika libur kita bisa meninggalkan temuan peradaban manusia itu sesekali. Saya harap di masa mendatang akan lebih banyak pulau di Frisia Timur yang menerapkan peraturan larangan penggunaan mobil.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Pertama kalinya saya di sini adalah ketika saya kecil. Waktu itu saya langsung mengumpulkan kerang dan menangkap kepiting. Saat ini pun saya masih suka mengenang masa-masa itu.

Musim apa yang paling indah di sini?

Menurut saya, musim semi, ketika semua mulai tumbuh. Saat itu pula sebagian besar burung terlihat di sini, baik yang singgah untuk menuju ke kutub utara mau pun burung lokal. Siapa yang lebih suka udara hangat, maka musim panas adalah saat terindah. Sebagian besar wisatawan datang ke sini pada musim panas.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Ada banyak tempat dengan arsitektur bersejarah. Juga gugusan Halligen yang unik di negara bagian Schleswig-Holstein. Kepulauan itu terletak di tengah Wattenmeer. Keistimewaannya, kepulauan itu terendam air ketika badai. Hanya bukit-bukit yang dihuni warga yang luput dari genangan air.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Warisan Dunia Wattenmeer sebaiknya sedapat mungkin dibiarkan alami, dan kita hendaknya tidak mencoba memakan habis apa yang ada di sana. Tapi daerah di sekitar Wattenmeer menawarkan makanan khas yang lezat, misalnya daging sapi liar endemik kawasan rawa laut atau keju organik dari peternakan Backenholzer, dekat Husum di negara bagian Schleswig-Holstein.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat. Tentu itu menjadi istimewa karena dijadikan sebagai taman nasional pada tahun 1872 dan merupakan taman nasional pertama di dunia.

Hans-Ulrich Rösner

memimpin Biro urusan Wattenmeer WWF di Husum.

Sejak lama pakar burung ini antara lain mengupayakan agar penangkapan ikan di Taman Nasional dan Warisan Dunia Wattenmeer dilakukan secara ramah lingkungan, tidak terlalu banyak kabel penyalur listrik dari kincir angin dipasang melintasi Wattenmeer dan agar penambangan minyak di kawasan itu tidak diperluas.

 

Wattenmeer

118 km

Bremen

75 km

Lübeck

68 km

Wismar

140 km

Stralsund

126 km

Hamburg