Delapan pertanyaan kepada…

Steffi Behrendt, petugas khusus pemerintah kota Stralsund urusan Warisan Dunia

Saya mengunjungi Warisan Dunia Stralsund, apa yang tidak boleh saya lewatkan?

Mengunjungi alun-alun kota merupakan suatu keharusan. Di alun-alun ada Balai Kota Stralsund dengan sisi depannya yang terkenal dan Gereja St. Nikolai dengan ornamennya. Di dekatnya, ada pameran Warisan Dunia Stralsund. Pemerintah kota dan UNESCO berbagi ide bagaimana dan mengapa memilih Stralsund sebagai situs Warisan Dunia. Jalan-jalan ke pelabuhan juga tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya kapal layar atau kapal olahraga yang bersandar di sana, tapi juga kapal layar Gorch Fock.

Apa yang paling Anda sukai di sini?

Kota Tua Stralsund yang sepenuhnya dikelilingi air. Pemandangan itu bisa dilihat dari puncak menara Gereja St. Maria yang ketinggiannya lebih dari 80 meter. Dari sana juga kelihatan pemandangan pusat kota dari abad pertengahan. Pandangan bisa mencapai ke Pulau Rügen. Jika cuaca bagus, Pulau Hiddensee juga kelihatan dari puncak menara gereja itu.

Anda punya saran khusus?

Jika Anda sedikit keluar dari rute biasa, Anda bisa mengunjungi Biara Heiligen Geist. Pada musim panas bunga „Alcea“ mekar amat indah. Rumah-rumah cagar budaya juga direnovasi sehingga kembali cantik.

Apa yang paling berkesan bagi Anda pada kunjungan pertama

Ketika saya kecil, saya pernah mengunjungi Museum Kelautan di Stralsund. Musium itu terhitung sebagai museum yang paling banyak dikunjungi di Jerman. Pada 2008 akuarium Ozeanum dibuka. Bagian dari Museum Kelautan Stralsund itu dinobatkan sebagai Museum Eropa Tahun 2010 karena pameran dan arsitekturnya yang unik.

Musim apa yang paling indah di sini?

Ramai pada musim panas, tenang pada musim dingin. Itulah deskripsi tentang Stralsund. Bagi yang suka matahari, angin, dan berlayar, datanglah pada musim panas. Berkat udara laut yang segar, hari-hari panas di sini tidak begitu terasa panas. Suasana pada musim dingin lebih tenang. Musium, biara, dan gereja bisa dikunjungi dengan tenang atau bisa duduk-duduk nyaman di kafe. Saya sendiri suka hari-hari dingin pada musim gugur. Di sini, orang bisa berekreasi di udara bebas hingga akhir Oktober.

Apa lagi yang harus saya kunjungi di sini?

Stralsund memiliki alat musik orgel kuno yang mengagumkan. Setelah direstorasi, orgel itu kembali bersuara indah. Orgel itu bisa ditemukan di Gereja St. Nikolai dan Gereja St. Maria.

Melihat-lihat Warisan Dunia membuat lapar. Apa hidangan khas daerah yang sebaiknya saya cicipi?

Ikan haring Bismarck Stralsund yang sangat terkenal di seluruh dunia. Pada 1871 makanan khas ikan haring itu dinamai kanselir kekaisaran Jerman, Otto von Bismarck. Ikan haring dengan bumbu asam manis itu enaknya dinikmati dengan roti.

Situs Warisan Dunia mana yang ingin Anda kunjungi?

Saya ingin sekali pergi ke Nepal yang memiliki Warisan Dunia Kathmandu dan Taman Nasional Sagarmatha di kaki Gunung Everest. Saya rasa, taman nasional itu adalah cagar alam yang sangat indah. Saya ingin sekali pergi ke sana.

Steffi Behrendt

dilahirkan di kota dengan situs Warisan Dunia terbanyak di Jerman, yakni di Berlin.

Sejak 2003 pakar industri kreatif ini menjadi petugas khusus pemerintah kota Stralsund urusan Warisan Dunia. Sebagai manajer Warisan Dunia, ia juga bertanggung jawab atas hubungan internasional dan kemitraan kota Stralsund.

 

Wattenmeer

118 km

Bremen

75 km

Lübeck

68 km

Wismar

140 km

Stralsund

126 km

Hamburg